In Harmonia Collaboratio

Weh, tumben pagi2 ada SMS: “Kawan minggu ini bisa ke bandung ga? Sekalian nyari hiburan di nggendeng loedroek itb lho. Pls cfrm”. Berhubung pas baca koran halaman iklan2 bioskop, spontan ku riple: “Ngapain jauh2 nyari hiburan gendeng? Di jkt juga ada: kawin kontrak lagi, mas suka masukin aja, merem melek, city of ember”. Huah, ember emberrr…. dasar dr sononnya dah males bgt, dalih mah otomatis muncul ndiri.😆

Buka imil, di milis rame ortu2 pada uring2an coz anak2nya di ITB ogah tut wuri handayani dalam melestarikan seni budaya tradisional nusantara. Mereka lebih demen milih unit aktivitas lain yg lebih masa kini padahal konon semenjak kecil sudah susah payah diajarin dan dilatih. Ada juga sih yang berkisah, anaknya di universitas lain malah mendulang sukses berprestasi dalam bidang seni tari dan karawitan.

Tanpa bermaksud bela sana anti sini, saia tertarik ama imilnya seorang kawan senior menanggapi ramenya ortu2 curhat ini. Yang bisa saia tangkap intinya adalah menjadi Jawa, Sunda, Cina, dst serta menari dan bermain karawitan itu sendiri bukanlah tujuan namun hanyalah sekedar alat. Salah satu sarana untuk memudahkan menyelaraskan jiwa dengan Sang Maha Harmoni.

Haiiiaa….. kok ujung-ujungnya ke harmoni. Ke harmoni mah naek baswe aja om. Btw eniwe baswe, jadi inget kelompok karawitan bernama Harmony Chinese Music Group Bandung. Ini salah satu dokumentasi video penampilan pentas mereka saat konser BAGIMU NEGERI JIWA RAGA KAMI [1996]. Kolaborasi karawitan memainkan campursari aneka ragam alat musik Tionghoa dan Sunda. Rebu hapunten nu kasuhun, mangga nyanggakeun.

3 Tanggapan

  1. yaaaccchhhhh….saiki ramalan cuacane…hujan lebat n banjir…..lho apa hubungannya dengan tema posting? he he he ..emang ga ada Broer…..cuma ngikutin MR JIMI ajah yang tiba-tiba di blognya kebanjiran musik tradisional….tapi nggak apa-apa…itu ciri MAMA (manusia mabok) ha ha ha ha ha…tapi sebenernya, musik campur aduk gaya cool and his gang (gado-gado maksude inyong) emang ciamik….mantap bro…..

    kerja aja pake cuti, sekolah pake libur, yaa… mosok sih bloger ngikutin selera pasar melulu, sesekali melampiaskan nafsu pribadi hehehe…

  2. Terima Kasih jika video yang kami upload ke youtube dapat menjadi inspirasi. Intinya adalah budaya adalah ciri khas suatu bangsa, dalam hal ini musik adalah bagian dari budaya. Untuk itu kami berusaha menjadi bagian dari bangsa ini dengan memadukan musik sehingga terwujud Harmony yang Indah.

    Hi P’ Andry, terimakasih atas inspirasinya
    Sebenernya dah lama kok ku suka n simpan video2 P’ Andry dr youtube lo, cuman baru skr aja kuposting di blog gak penting ini.

    Terimakasih yaaa…
    Salam budaya n persatuan

  3. Kami akan mengadakan konser yang berkolaborasi dengan Mas Sosiawan Leak dari Surakarta dengan Orkes Plasu Minimal nya yang mengusung keroncong progresive, juga dengan kesenian sunda pada tanggal 14 Agustus 2010 di CCF Purnawarman. Jika ada pembaca yang berkenan hadir kami tunggu. Terima Kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: