Selamat Jalan Pak Rachman Halim

Turut mengucapkan bela sungkawa sedalam-dalamnya atas meninggalnya Bapak Rachman Halim (Tjoa To Hing) bin Surya Wonowidjojo (Tjoa Jien Hwie), terlahir 1947 (61 tahun) di Kediri, Direktur Utama PT. Gudang Garam, yang telah meninggal dunia di sebuah rumah sakit Singapura pada hari ini Minggu Legi, 27 Juli 2008 (23 Rajab 1429-H/1941-J).

Rachman Halim Bagi saya, Pak Rahman sosok pebisnis nasional Indonesia yang paling ramah dan santun yang pernah saya tahu. Meskipun saya belum pernah tinggal di Kediri, namun saya sering dengar kisah rasa kerakyatan beliau yang tinggi terhadap masyarakat sekitar. Bahkan kepada para buruhnya sekalipun berbahasa kromo (bahasa Jawa halus) layaknya adat, tradisi dan budaya Jawa menghormati saudara tua ataupun orang tua.

Speechless! Saya hanya bisa mengingat tembang macapat Kinanti karya Kanjeng Sunan Kalijaga:

“Ono tangis, layung-layung, tangise wong wedi mati. Gedongono kuncenono, moso wurungo wong mati. Yo podo-podo suyung. Laa illaha illallahu.”

(Ada tangis yang amat menyayat hati seperti tangisnya orang takut mati. Sekalipun semua pintu gedung dikunci tak bakal bisa menunda waktu mati. Mari kita semua prihatin. Tiada Tuhan selain Allah)

Semoga gending-gending ketawang MegatRuh, ketawang Sinom Parijata, dan lancaran Bubaran Nyutro berikut bisa sedikit mengobati rasa duka cita keluarga dan handai taulan yang ditinggalkan.

Satu Tanggapan

  1. Bung JIMI, kematian adalah peristiwa biasa tetapi akan menjadi luar biasa jika kematian menghampir orang-orang yang tidak biasa. Orang yang tidak biasa karena kejahatannya, kematiananya akan dikenang dengan penuh kegeraman banyak orang tetapi kemaitan orang yan tidak biasa karena kebaikkannya, adalah kematian yang ditangisi banyak orang. Bung JIMI, saya dan kita semua ingin mati sebagai orang bagaimana? baik atau jahat? Tuhan Memberkati anda Sobat. Selamat karena blogmu terpilih sebagai salah satu blog terbaik di WP. Teruslah berbagi kebaikan bung. KEBAIKAN .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: