Peterpan ~ Ibu Pertiwi

Membaca kajian-kajian Prof. MT Zen, Prof. Gede Raka, dll di koran Kompas hari ini berjudul “Indonesia ke Arah Bangsa yang Gagal” sontak mengingatkanku klip video ini. Bahkan Prof. Gede Raka dengan gamblang menyatakan bahwa Indonesia kini punya 6 karakteristik budaya i.e. budaya korupsi, kultur kekerasan, kemunafikan, peminta-minta (kurang berusaha), individualistis, hingga menurunnya kebanggaan atas bangsa sendiri. Hah?! Sebegitu parahnya kah? Apakah lantas kita mau ikut-ikutan trend budaya individualis, pesimis, skeptis, atau …?

Artis (Band): Peterpan dkk / NN

Terjemahan dari puisi anak berbahasa Aceh:
Hai saudara-saudaraku…
jangan kau menangis lagi
Ikhlaskanlah…

Karena semua ini memang kehendak
Yang Maha Kuasa
Luka ini memang dalam
namun jalan ini masih panjang

Kuatkan hatimu
Masih ada waktu
Untuk membersihkan diri… dan bangkit lagi

Ku lihat ibu pertiwi
sedang bersusah hati
Air matanya berlinang
Emas, intannya tenggelam

Hutan gunung sawah lautan
simpanan kekayaan
Kini ibu sedang lara
merintih dan berdoa

Melanie Putri:
Indonesiaku…
dihiasi oleh belasan ribu pulau
diwarnai dengan ratusan suku bangsa

Berbagai bahasa, berbagai tradisi dan berbagai keyakinan
Namun Indonesia:
Satu hati, satu jiwa,
satu visi, satu cita-cita dan satu kesatuan.
Satu tersakiti maka semua menangis

Derita ini buat kita semua
yang menghembuskan nafas di bumi pertiwi
Mari bergenggam tangan demi hari yang baru
hari yang lebih baik buatmu, buatku, buat kita semua

Dan lihat ibu pertiwi
kami datang berbakti
Lihatlah putra-putrimu
menggembirakan Ibu

Ibu, kami tetap cinta
putramu yang setia
Menjaga harta pusaka
untuk nusa dan bangsa

Selamat malam😥

5 Tanggapan

  1. Mas Jiwa, indoensia gagal = INDONESIAL. Salah satu cara mengatasinya adalah denagn memperbaiki karakter bangsa (Morgenthau). Kalau Mas JM setuju maka musik yg menggelorakan semangan dan spirit adalah salah satu opsi. Tahun 1945-an lagu-lagu perjuangan telah membuktikan itu. Skarang , di jaman generasi hreee geneeeee, masih bisa nggak yaaaaaa……serrrrrrr…..ssseeerrrrrrr……

    emang sih… tiap jaman punya opsi yg paling pas

    Para pengamat & analis negeri ini telah menganalisa bolong2nya (dan mungkin: borok2nya) negeri ini. Nah kini tugas para pakar lah untuk mencari opsi yg paling cespleng utk nambal bolong2nya (atau ngobati borok2nya) tsb. Ndak tertutup kemungkinan salah satu opsi memberbaiki karakter dan budaya bangsa tsb via musik, seni, dsb.

  2. wah nasionalisme

    ah rasa2nya sih ndak ada yg wah disini, biasa2 aj tuh

  3. ah omdo…
    ga penyting klo cm omdo…
    yg penting kesadaran diri dan
    humanistik= memanusiakan manusia.. udah itu jg cukup
    pemudanya dong BANGKIT COY….

    siiip, drpd cm omdo mendingan (ng)omong plus nontonin klip2 disini ya coy

  4. Gw pecaya ko indonesia bkal jdi ngara maju
    jgn dbndingn ma amrik yg uda tuir,indo msh ABG
    gw hrap gw jdi slh satu org yg ikud andil u/ kmjuan nusantara
    hahaha

    Mudah2an tercapai apa yg lu hrapin.
    Lumanyan lah udah ABG, bukan msh BALITA lagi

  5. hoi..
    gmn cara download di sini yah….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: