Kelompok Kampungan ~ Mereka Mencari Tuhan

Kelompok Kampungan merupakan grup band yang pernah kesohor nyentrik pada zamannya akhir 1970-an sampai awal 1980-an, terutama karena cara, gaya dan genre bermusik yang dipandang lain daripada yang lain kala itu. Selain dengan peralatan musik legacy (gitar, biola, cello, perkusi, kendang, gong, dsb), mereka juga mengiringi lagu-lagunya dengan aneka ragam peralatan yang bisa dibunyikan seperti metal, kayu, gelas, plastik.

Kaset album tunggal (bukan single) berjudul “Mereka Mencari Tuhan” ini diawali cuplikan pidato Bung Karno saat peringatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W. tahun 1964 di Istana Negara, Jakarta.

Di dalam kitab ramayana ada disebut sebuah negeri,
namanya Utara kuru yaitu Kururawa¹ Kurawa

Utarakuru
Disebutken bahwa di dalam Utarakuru itu
tidak ada panas yang terlalu
tidak ada dingin yang terlalu
tidak ada manis yang terlalu
tidak ada pahit yang terlalu

Semuanya itu tenang… tenaaaang
adem ayem tentrem.. kadyo suniram banyu ayu¹ siniram banyu wayu sewindu lawase
Semuanya itu tenang… tenaaaang
Utarakuru

Apa engkau ingin menjadi negara yang demikian sodara-sodara?
TIDAAAK!!

Kita tidak ingin menjadi negeri yang demikian
karena negeri yang semacam ini tidak ada up and down
up and down
up and down

ada yang masih ingatkah? CMIIW
ps:
¹ » dikoreksi oleh padmasambawa

Artis (Band): Kelompok Kampungan Jogja / Bram Makahekum

Kami ingat muka-muka mereka
ketika kami duduk dan bersabar
Sinar bulan menari-nari
memeluk mereka satu per satu
Kami ingat setiap wajah mereka
ketika kami sujud dan berdoa

Ada yang seperti Sawito
Ada yang seperti Hamka
Ada yang seperti Hatta
Ada yang seperti Sukarno
Ada yang seperti Rendra
Ada yang seperti Bang Ali
Ada yang seperti Budha
Ada yang seperti Yesus

A~.. a..
A~.. a..

Seperti sudah direncanakan
setiap muka tanpa ekspresi
bau pantai dan bunyi alam
merangsang semua panca indra
membuat setiap jiwa satu.. uu…

Dia yang seperti Yesus
berambut gondrong sampai ke pundak
bercelana jeans dan juga jaketnya
berdiri dan menengadah kelangit.
Dia bilang:
“Tuhan… aku ini milikMu
dan mengabdi kepada kehendakMu
Semua tindakanku aku serahkan kedalam tanganMu
melewati alam dan kehidupan”

Lalu dia yang seperti Budha
menuangkan semangatnya ke dalam telinga alam semesta,
dan berkata:
“Alam… lepaskan aku dari kotak-kotak kebudayaan
yang menjadi beban kehidupan ini.
Getarkan seluruh tubuh dan jiwaku
agar aku dapat berkata:
Tuhan tidak buta”

Mereka mencari Tuhan
Mereka mendekati alam
Mereka mendekati kehidupan
Mereka mulai meragukan nilai-nilai yang sudah mapan [3X]

A~.. a..
A~.. a..

33 Tanggapan

  1. not bad

  2. YES…………….
    Tim Thomas dan Uber sudah sampai babak semi final
    Tetap dukung sampai Menjadi Juara

  3. lumayan…lumayan…

  4. ralat mas..
    bukan kururawa tapi kurawa
    bukan kadyo suniram tapi kadyo siniram
    bukan banyu ayu tapi banyu wayu

    salam..

    Terimakasih,
    mungkin saya yang keliru soalnya ndak punya kaset/contekan aslinya, cuma mengandalkan ingatan yg ndak bisa begitu diandalkan. Sudah dikoreksi

  5. mau cari kasetnya beli dimana?

    • Untuk mendapatkan kaset aslinya yang di produksi sekitar tahun 79-80an coba cari di toko kaset lama di lap. Jenral Urip Jatinegara, kira-kira harganya Rp 45.000,00 atau ke toko buku Jose Rizal maanahua di TIM. Kaset yang dijual di TIM sedikit berbeda dengan aslinya, tapi kualitas bermusiknya sama-sama sangat baik Mas.

  6. Frienz…
    Barangkali awalnya begini:

    “Kemarin aku baca Ramayana saudara-saudara….
    Di dalam kitab ramayana ada disebut satu negeri yang bernama Negeri Utara Kuru….. kuru yaitu kurowo….

    Disebutken…dst..dst.. ”

    Thx.

  7. memori terpendam nich di th 70 an
    lagu yang lain dari kelompok kampungan mana masss
    trims ya atas tayangnya

  8. kurang lebih pidato Bung Karno demikian (seingat saya) :

    Kemarin aku baca ramayana saudara2… yaaa ramayana
    di dalam kitab ramayana itu ada disebut suatu negeri, namanya negeri Utara Kuru .. Kuru yaitu Kurowo

    Utara Kuru…
    disebutken bahwa di dalam negeri Utarakuru itu
    tidak ada panas yang terlalu
    tidak ada dingin yang terlalu
    tidak ada manis yang terlalu
    tidak ada pahit yang terlalu

    Semuanya itu tenang… tenaaaang
    ora ono panas, ora ono adem
    tidak ada gelap, tidak ada terang yang cemerlang
    adem tentrem.. kadyo siniram banyu wayu sewindu lawase
    Semuanya itu tenang… tenaaaang
    Utarakuru

    Apa engkau ingin menjadi negara yang demikian sodara-sodara?
    TIDAAAK!!
    karena negeri yang demikian ini tidak ada up and down
    up and down
    Kita tidak ingin menjadi negeri yang demikian
    kita ingin menjadi negara yg tiap hari digembleng oleh keadaan
    digembleng, hampir hancur lebur, bangun kembali
    digembleng, hampir hancur lebur, bangun kembali
    (tepuk tangan para hadirin)

    woo… terimakasih pak lurah basman, seingetku di kaset kelompok kampungan ga sekomplit ini deh, terakhirnya “up and down” di-repeat sambil fading trus dilanjutkan ama lagu bung karno

    btw, yg ku inget suka terhipnotis ikutan teriak: TIDAAAAK!!… ha ha ha…😆

  9. ya..ya… emang benar, aku terbawa emosi karena pidato tsb langsung aku dengar dari kaset pidato bung karno.

    sayang lagu Bung Karno belum ditayangkan mp3
    kangen aku sama lagunya
    apalagi lagu berjudul : RATNA

    oo.. kirain denger langsung saat pidato pak, he he he…

    btw namanya lucu ya, pak lurah basman (dibaca: bass maaaan……. ) kayak nama temennya pelawak pak kartolo ajah

  10. Wah untung masih bisa “ketemu” sama rombongan
    Mas Bram….
    Saya jadi “tergetar” dengan beberapa syair atau kalimat-kalimat yang pada masa itu “menyemangati” saya..
    Waktu itu sekitar tahun 78…an dua puluh tahun yang lalu dan sekarangpun saya masih pingin “melihat” penampilan kelompok kampungan,Salut!!!

  11. Ingat ketika kamu berangkat ke Jakarta,
    Aku sempatkan diri mengantarmu ke stasion
    Saat liburan panjang ketika itu,
    Kereta Api Senja penuh
    Dengan diiring peluit tanda berangkat
    Aku ucapkan kata-kata Selamat berjuang,
    Dan tanganmu melambai dari jendela,
    Ketika kereta mulai membawamu, ke Jakarta
    Selamat jalan …. Ratna …..

  12. RATNA… treyuh juga aku dengar lirik lagu ini he..he
    kata2nya tertata apik
    ngomong2 MP3 ndi…

  13. susah nyak nyari yg sama sperrti ini

  14. Aku lupa.. th 79 ap 80 ..ya? dulu konser di Salatiga,pingin bngt nonton gak punya duit…,saya beruntung krn badan sy kcl item ..terus..saking berjubelnya penonton bs nyelinep deh kedalem. Puaas… saat melihat ia nyanyikan lg ini dg telanjang dada kepala diikat kain merah sambil membawa bendera …, Waah manteb.

  15. Saya berharap dapat memperoleh kaset kelompok kampungan, atau jika ada yang bisa bantu mendapatakannya, trims banget

  16. Bagiin inf dimana sy bs dapetin album kel kampungan, tq

  17. Lama Ku Cari
    Hilangnya nyanyian langit
    Andai kau tau dimana
    kabari aku
    Yang rindu nyanyian langit

  18. Nyanyian langit yang kucari
    bedendanglah agar ku tau.

  19. Nilai lagu ini kayaknya tidak tertumpu pada musik atau melodinya. Di tahun 2008, sy pernah ajak 2 anak cewek sy yg pemain drum dan biola nonton Sirkus Barock (?) di Yogya. Mereka gak bisa lagi nikmati musik “aneh” gaya klompok kampungan itu.
    Salam buat Edi Haryono. Saya suka pribadi anda…

  20. siap lah mencari tuhan

  21. siap mencari tuhan

  22. aku lagi mencari kabar terbaru tentang Bram makahekum karena setelah ia ngisi acara di tempat ku ia sudah sulit tuk dihubungi bagi teman2 yang tau tolong bagi2 informasi.
    aku kagum dengan beliau dari awal kami ketumu + lagi setelah diskusi dengannya, banyak bangat manfaatnya. yang membuat terpesona saat ia sedang nyanyi keren baget kudu liat sendiri deh biar puas susah soalnya diceritain. Om Edi Haryono mkasih banget dah mau nerima kami di bella. lain waktu kami main lagi.

    • Mas Bram tetap eksis kok Mba. Tanggal 3 Juni beliau ” ngamen ” di TIM, terus langsung pulang ke Yogja, eh tahu-tahunya nggak lama kemudian beliau sudah ke Surabaya dengan Mas Emha Ainun Nadjib. Terakhir saya ketemu beliau, beliau baru sembuh dari sakit, tapi semangat hidupnya menentang setiap ketidak berdayaan, emang benar-benar ” ueedan tenan ” Mas Bram itu. Saya pikir kalau setiap orang Indonesia mau saja serius menggarap yang dia tekuni, seperti Mas Bram, maka Indonesia akan Makmur.

      • saya punya kasetnya kelompok kampungan tapi sekarang saya mau unduh lagu mencari Tuhan dalam bentuk MP3 koq belum ada ya….ada yang bisa bantu

  23. aku punya kasetnya kelompok kampungan tapi pitanya udah keriting…disetel mulu waktu jaman sma 87….

  24. aku menikmati bangets musik kelompok kampungan yang laen pada melongo kagak ngarti ha..ha..dasar kagak tau yang enak2

  25. Sementara waktu berjalan aku duduk di depan mimbar…..lali brooooo

  26. bagus sekali lagunya, cari kasetnya udah pada ilang, jadi teringat masa kec il

  27. apa gak ada rencana buat remake lagu2 ini ya biar musiknya tambah mantap suarnya. dari kecil aku sdh suka, tp hbs itu kaset ilang . baru kali ini bisa dengar lg.

  28. bagi yang mau mendengar lagu dari kelompok kampungan, silahkan kunjungi http://www.abhisamdm.com.

    salam.

  29. Lagu ini aku pernah punya….tetapi hilang karena dipinjam oleh teman ayahku.
    Apa masih ada yang punya ya kasetnya?
    Atau bisa download dimana lagu-lagunya?
    trims atas informasinya

  30. Kemaren aku baca ramayana saudara -saudara, ramayana!!!
    Di sebutken di dalam kitab ramayana itu satu negri yaitu utarakuru, atau lornya kuru, kuru yaitu kurowo itu.
    …..tidak ada panas yang terlalu ,tidak ada dingin yang terlalu,
    tidak ada pait yang terlalu, tidak ada maniss yang terlalu.
    segalanya itu teenaaaang tenanng …
    ora ono panas ora ono adem, tidak ada gelap, tidak ada terraaannng yang cemerlang .
    adem tentrem kadyo siniram banyu ayu sewindu lawass!!
    Di dalem kitab ramayana itu sudah di kataken! Hmmmmmmmmmmmmmm….
    negri seperti ini tidak bisa menjadi negri yang besarrr …
    sebab tidak ada go up and down, up and down, perjuangann, tidak ada
    seneng seneng tidak terlalu seneng, tidak terlalu sedih, tenangg tenang utara kuru.
    apakah kau ingin menjadi bangsa yang demikian saudara -saudara? Tidakk!!, kita ingin menjadi satu bangsa di gembleng tiap hari oleh keadaan, digembleng hampir hancur lebur bangkit kembali, di gembleng hampir hancur lebur bangkit kembali.

Tinggalkan Balasan

