Karungut di Tumbang Manggu

Ada kalanya orang parte, bloger ma yutuber ga beda2 amat yaa… Ada yg baek, ada yg nyante2 seapa adanya, ada pula yg demen sensasi spontan. Sebagian masyarakat spontan terkaget-kaget nonton iklan PKS dg model iklan Pak Harto, dll dll dan berita bagi2 award ke 104 tokoh muda-mudi Indonesia seperti Sri Mulyani, Rahmat Gobel, Iwan Fals, Yenni Wahid, Fajroel Rachman, dll dll. Para bloger pun spontan marah soal kartun2 nabi sampai2 wordpress ngeblok blog yg namanya mengesankan dari batak itu.

Beda dg para bloger yg spontan marah2, beberapa waktu lalu para yutuber malah dibikin spontan riang gembira, terngakak-ngakak bahkan ada yg ngaku sampe terkencing-kencing kegelian nonton video pidato presiden pak beye ala plat AB jokja, terutama pas bagian akhirnya itu. Emang, seperti wejangan di klip itu: wajar bila terjadi pro dan konra.
Yaah… begitulah, pro dan kontra, suka dan sebel, cinta dan egois selalu ada. Apa gara-gara mau Pilpres 2009 jadi semakin gerah aja negeri ini ya?

hAyo wes lah daripada pening mikirin gituan molo mending ngadem dolo yuuk…

Nih, enaknya ada internetan. Secara maya kapan saja kita bisa jalan2 ke pedalaman Kalimantan Tengah, melihat Betang Bintang Patendu, bangunan rumah adat tradisional suku Dayak yang didirikan Bapak Syaer Suar dari desa Tumbang Manggu, kecamatan Sanaman Mantikei, kabupaten Katingan. Merasakan damainya saudara-saudara kita disana sambil menikmati nuansa alam pedalaman nusantara, diiringi alunan karungut. Karungut adalah seni berkisah dan bertutur khas Dayak yang kontennya mirip pantun di Sumatera atau kidung di Jawa, diiringi petikan alat musik tradisional menyerupai kecapi.

btw, ada yg tau judul dan syair lago dayak ini gak ya?

Dame.. dame.., egh ini bahasa jepangnya jangan… jangan.. ya, mau begaye sok imut malah luput, ntar malah dikirain mau nyanyi PuSPa ST 12. hAyo wess, maksud saia tuh damai… damai…

Halo saudara-saudaraku dari Dayak, Banjar, n semuanya aja dech. Kabar bahalap kah? Salam bapinanduan!

About these ads

15 Tanggapan

  1. (masss piye tho iki….kalo mau ngirim komen yg kgk ada hubungannya ama postinganmu?….kek halaman bwat ‘about me’ …gitu lho!…………ampe mumet munyer! Tadi sempet ngirim pesen komentar di halaman ‘TAK BERITAHU’……tapi kok ga muncul!…..yo uwes…..aku copy paste lagi yaaaa di sini komennya!)

    JIWA MUSIK…………………wuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

    wayyyooooo abis ngomong apean di tempat mbak anis (islam indie-mualaf menggugat)??………………..(siap22 NGELEMPAR PAKE BEDUK mode : ON!!)

    wuuuuuuuuu!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    “tyuduhlah akyu…..syalalala……sepuas hatimyu…..syalalalala………”

    wihihihihi aku kan ga kenthir!!…….cuman agak sedikit punya penyakit ‘hobi grepe en ngemut’ aje kok!

    dohhhhhhhhhh …….smileeeeeeeee KISS KISS!!!!!!!!

  2. walah, di samperin mas sama mbak lea..
    di labrak.. :D

    justru di saat spt ini — panas, gerah, huahhh–sebaiknya kita cooling down ya mas. ya juga ga mbak lea? hehehe :D

  3. Duuuuuhhh maaf deh mas….kalau aku dari Kalimantan Selatan…so ga tau lagu and liriknya…maaf’in ya…..

  4. @queenalea
    ahakhak, carilah ‘about me’ sampe ke negri cina, maka kau tak kan pernah menemukannya. Gimenong mau ketemu, lha mbedain ‘about me’ ama ‘TAK BERITAHU’ aja belom bisa. Jelas2 dah diketikin TAK DIPUBLIKASIKAN n JAPRI, tetep diklik jugak….
    Mangkanye laen kali kalo nemu tulisan tuh jangan cuman ‘dilihat’ tapi ‘DIBACA’ :P
    btw, tuluuung…. dunk tanyain ma mbak Arita CH, lagu ini judunya apaan?

    @Islam Indie
    bwat lucu22an aja!…die jg ngerti lah!

    @budimeeong,
    thanks, sayang yaa…. padahal gw demen bgt klip ini. Udah gw setel berulang2 gak bosen2 juga, damaaiiii…… serasa betul2 sedang menyepi dari gedubrakannya dunia

  5. musiknya klasik banget ya???? hehehhe

    thanks broer, qt seh musiknya ap aj ok hehehe…

  6. Lew… en tegelah mp3 karungut je beken jua je tau nDowload,…. amun tege.. bagi-bagi pang dengan pahari…..

  7. bahalap akan kelangsungan seni budaya itah ji hampir punah..

  8. bagus tulisaannya…. selamat berkenalan…

    Mohon lagu karungutnya di masukkan di blog ini, karena banyak yang mencari untuk pelajaran di sekolah…..
    Tks atas bantuannya…..

  9. dia katawangku kia narai arti dame dame te..
    Bahasa bara kueh ndae te nah ..?? Amun bahasa dayak te jatun vank jikau

  10. Ada nang mandangar basuh..! Gkgkgk rami mahining ceramah ust.hamdani akbar bara barabai lucu bangat gkgkgk..! Amun karungut syaer sua te dda tapi ktwan yku arti ehh..!jite bahasa dayak ngaju pnk

  11. Tabe salamat je mina mama tunda jalaha bakas tabela.

  12. ADOUUUEEHHHH ;LGE BNGUNG NUW CRI PR SNBK SUSAH BNGEATZZZ

  13. Lestarikan budaya kal-teng tercinta ela sampai nihau dan kalah awi budaya uluh luar,,keleh mahaga budaya kabuat je puna peninggalan tambi bue tatu hiang itah,,mana2 i je budaya ayun uluh,,
    Selamat hakasene melai dunia maya,,

  14. Rapui hanyu panalu

  15. eh sobat, salamat hasundau, kalau ada lagu ” karungut ditumbang manggu” itu dalam MP3, dan jangan hanya dalam bentuk Video saja, agar bisa putar di Tape Mobil dengan flashdisc,
    trims.
    (Tanah Bumbu)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 42 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: